Bukan Arwah Orang Meninggal,Ternyata Ini Asal-usul Pocong yang Sebenarnya!

Bukan Arwah Orang Meninggal,Ternyata Ini Asal-usul Pocong yang Sebenarnya!


Pocong bukanlah hantu yang baru lagi di telingga orang Indonesia. Hantu ini sudah malang melintang di pertelevisian sampai membuatnya sepopuler sekarang.

Kebanyakan film mengisahkan bahwa pocong datang dari arwah orang yang sudah meninggal. Apakah benar demikian? Sosok hantu khas dari Indonesia ini punya sejarah bagaimana dia bisa 'tercipta'.

Banyak masyarakat kita yang berasumsi bahwa asal usul hantu pocong yaitu orang yang meninggal dunia. Pada saat dimakamkan tali pocongnya tidak dilepas, sehingga arwah si mayit bergentayangan untuk meminta tolong dibukakan tali pocongnya.

Awal mula penampakannya, dia muncul tepat di tengah-tengah pusar kuburannya dengan wujud seperti asap.

Kemudian menjadi mahkluk kecil yang lompat dari tengah kuburannya ke arah kakinya, kemudian dia melompat lagi ke arah kepalanya, kali ini menjadi makhluk yang sedang seperti bayi besarnya.

Kemudian dia melompat lagi ke arah sisi di sebelah baratnya dan sempurnalah sosok hantu pocong ini. Setelah itu dia berjalan mengelilingi kuburannya satu kali, meski terlihat bahwa kakinya terikat tapi dia masih bisa berjalan dengan kaki terikat.

Setelah sosoknya sempurna, maka hantu pocong ini terbang melayang-layang ke udara. Bola matanya terlihat seperti mau keluar, tidak ada alis ataupun daging kulitnya. Pocong bisa berasal dari mayat yang dimanfaatkan oleh dukun atau ahli santet.

Bagi sebagian besar dukun sering kali menggunakan media mayat untuk menakut-nakuti orang atau bahkan bisa saja membunhnya sesuai permintaan yang diajukan.


Ciri-cirinya biasanya sosok pocong yang ia gunakan masih terlihat utuh atau di wajahnya masih terdapat kapas, di matanya, hidungnya, terkecuali mulutnya. Pocong yang sesungguhnya adalah perwujudan makhluk halus, bukan orang yang sudah meninggal.

Kamu pasti sudah paham bahwa orang yang sudah meninggal (ruh/arwah) itu punya alamnya sendiri, sesuai kepercayaanmu masing-masing ya.

Nah, pocong itu sudah tentu bukan mereka yang sudah meninggal, terlepas dari rumor lupa dilepas ikatannya atau karena mati penasaran masih punya urusan lah.

Pocong itu merupakan perwujudan makhluk halus, jin atau apapun istilahnya yang "berdandan" seperti itu. Jadi kalau ketemu, bukan, itu bukan orang yang sudah meninggal.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA

Loading...

Loading...
Bagikan ke Facebook